Kamis, 15 Maret 2012

Dry Box Murah (Modal minim kualitas terjamin)


Gambar Dry Box buatan sendiri
Berbicara mengenai kamera DSLR, dan perawatannya, menjaga lensa dan CCD supaya tidak berjamur adalah mutlak. Apalagi kadang, seorang pemula mengabaikan perawatan ini, dan kaget ketika saat membersihkan lensa di service centre, mahalnya bukan main. Untuk mencegah jamur berkembang di lensa, setidaknya kita perlu memiliki yang namanya Dry Cabinet, atau Dry Box. Sayangnya, barang ini cukup mahal bagi pemula. -Jelas, fotografi bukanlah hobi yang murah-. Dry Cabinet harganya bisa mencapai >500 ribu, bahkan jutaan. Sedangkan Dry Box, setidaknya harga 400 ribuan, dengan bahan yang mudah pecah. Nah, konsep dari benda penting ini adalah menjaga kelembaban udara dalam keadaan yang baik/ideal. Yang saya tahu, kelembaban yang baik untuk kamera adalah pada angka 35-60 pada hygrometer (Jika salah mohon revisinya). Kurang dari 35 kurang baik, karena menyebabkan grease atau pelumas yang ada di kamera/lensa menjadi kering dan bisa menyebabkan karat. Jika lebih dari 60, sangat lembab, jamur akan cepat tumbuh.
Untuk menghemat dan memangkas budget yang ada, saya membuat dry box sendiri, dengan membeli box semacam Lock & Lock, (ukuran sesuai kebutuhan besar kamera dan lensa), electronic absorber, serta sebuah termohygrometer sebagai pengukur suhu dan  kelembaban udara. Kiranya fungsi ini sama dengan Dry Cabinet atau Dry Box:
·    Box (biasa digunakan untuk penyimpanan buah/makanan) box lock and lock.
·    Electronic Absorber, sebagai pengganti silica gel, menjaga kelembaban udara di dalam box. Ketika warna sudah pink atau putih, dapat di charge kembali selama 1-2 jam, untuk dapat berfungsi kembali. Bisa juga diganti dengan Dehumifier (Serap air) yang bisa di beli di toko swalayan.

·    Hygrometer, Sebagai pengukur kelembaban yang kita inginkan..



Kiranya ini bisa menjadi solusi yang simple dan mudah, juga hemat.. Oh iya, tak hanya untuk kamera, cara ini juga baik untuk menyimpan foto-foto koleksi, handycam, cd/dvd koleksi.
MENERIMA PESANAN DRY BOX DENGAN HARGA MURAAH..CALL 081335854031

1 komentar:

Mas Electronic Absorber nya dapet beli dimana ya??

Posting Komentar